APLIKASI UNTUK MENGHITUNG KKM SD LENGKAP

KKM adalah singkatan dari Kriteria Ketuntasan Minimal. KKM ini selain terdapat pada Kurikulum 2006 (KTSP) juga terdapat pada Kurikulum 2013. Namun untuk kurikulum 2013 cara penentuannya saya belum mengetahui. Karena untuk menentukan KKM tidaklah sembarangan, atau hanya asal. Penentuan harus dihitung dan dirapatkan bersama anatar KS, Guru, dan Tenaga Kependidikan, selaiin itu sekolah juga harus mempunyai bukti fisik akan penentuan KKM ini. Karena terkadan penyusunan KTSP dilakukan namun masih terdapat beberapa kelemahan dalam penentuan KKM ini termasuk dokumen dan administrasinya. Untuk mermpermudah penentuan KKM ada aplikasi berformat excel yang saya temukan melalui mesin pencari google.
Aplikasi untuk menentukan KKM
Tampilan Aplikasi KKM

Melalui aplikasi kkm yang dibuat menggunakan excel ini, cara menggunakannya cukup mudah, kita hanya tinggal memasukan angka rentang nilai pada kolom yaitu:
  1. Kompleksitas
  2. Sumber Daya Pendukung Pendidik
  3. Sumber Daya Dukung Sarana dan Prasarana
  4. Intake (Potensi Siswa)
Semua kolom tersebut diisi semua untuk per Kompetensi Dasar dalam satu pelajaran dimaksud. Penentuan KKM ini dilakukan per Mata Pelajaran. Setelah rentang nilai dimasukan per KD makan akan otomatis prosentase ketuntasan KD akan terhitung. Selanjutnya jumlah prosentase ketuntasan KD dibagi dengan jumlah KD yang ada. Dengan itu maka akan terhitung (ketemu bahasa jawane) KKM atau Kompetensi Ketuntusasan Minimal Mata Pelajaran Tersebut.

Dan berikut ini adalah contoh rentang nilai setiap kriteria kompleksitas, daya dukung, dan intake (potensi siswa)
  • Tinggi = 1 Rentang Nilai = 40 - 64
  • Sedang = 2 Rentang Nilai = 65 - 80
  • Rendah = 3 Rentang Nilai = 81 - 100
Selanjutnya saya akan tuliskan link download aplikasi KKM dari kelas I (satu) - VI (enam). Aplikasi ini berformat excel dan di simpan pada google drive.
  1. Aplikasi KKM KTSP SD Kelas I (satu)
  2. Aplikasi KKM KTSP SD Kelas II (satu) 
  3. Aplikasi KKM KTSP SD Kelas III (satu)  
  4. Aplikasi KKM KTSP SD Kelas IV (satu) 
  5. Aplikasi KKM KTSP SD Kelas V (satu) 
  6. Aplikasi KKM KTSP SD Kelas VI (enam
  7. Aplikasi KKM KTSP SD Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (Penjasorkes) 1-6
  8. Aplikasi KKM KTSP SD Pendidikan Agama Islam (PAI ) 1-6
Itulah tentang aplikasi KKM yang dapat saya postkan pada kesempatan ini, mudah-mudahan ini dapat mempermudah dalam menyusun KKM pada Tingkat Satuan Pendidikan, yang nantinya KTSP dapat tersusun dengan tepat waktu dengan dokumen bukti fisik yang lengkap, sehingga jika suatu saat ditanyakan saat akrediatasi sekolah maupun kinerja kepala sekolah sudah siap. Jika link tersebut diatas tidak bisa dibuka Anda bisa memberitahukan kepada kami. Semoga bermanfaat.

APLIKASI PENENTUAN KKM SD KURIKULUM 2016

Berikut ini link downloadnya
Kelas 1, Kelas 2, Kelas 4, Kelas 5 Download
Kelas 3
Download KKM Kelas 6




Source / Sumber / Upload by:
http://kkgjaro.blogspot.co.id/2015/05/aplikasi-kkm-sekolah-dasar-terbaru.html?m=1 
http://www.gurusd.net/2015/12/download-kkm-kurikulum-2013-hasil.html


UPDATE 29/9/2017